Minggu, 04 Mei 2014

Dampak Pengangkutan Bahan Galian Tambang

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami aturkan kehadiratTuhan YME, atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah Rekayasa Lingkungan Tambang.
Kami telah menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Namun tentunya sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan. Harapan kami, semoga bisa menjadi koreksi di masa mendatang agar lebih baik lagi dari sebelumnya.
Tak lupa ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing atas bimbingan, dorongan dan ilmu yang telah diberikan kepada kami. Sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya dan insyaAllah sesuai yang kami harapkan. Dan kami ucapkan terimakasih pula kepada rekan-rekan dan semua pihak yang terkait dalam penyusunan laporan ini.
Mudah-mudahan laporan ini bisa memberikan sumbang pemikiran sekaligus pengetahuan bagi kita semuanya. Amin.

Medan,            05-05-2014


Penyusun

DAFTAR ISI

Ø  KATA PENGANTAR
Ø  DAFTAR ISI
Ø  BAB  I......................................................................................................................
Ø  BAB II.....................................................................................................................
Ø  BAB III...................................................................................................................
Ø  KESIMPULAN.........................................................................................................
Ø  REFERENSI............................................................................................................


BAB I
Latar Belakang
Pendahuluan

Setiap Penambangan, baik itu penambangan di atas permukaan maupun penambangan bawah bawah tanah menghasilkan bahan galian mentah atau sudah jadi dan memerlukan pengangkutan atau transportasi pembawa bahan galian tersebut keluar dari area penambangan.
     Proses transportasi pastinya mempunyai jalan yang dilewati untuk sampai ke tujuan dan proses tersebut mempunyai dampak terhadap lingkungan maupun pada penambangan itu sendiri.
Jalan merupakan prasarana transportasi yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat pada suatu daerah. Jalan digunakan sebagai sarana aksesibilitas angkutan manusia dan barang/komoditi dari daerah sentra-sentra produksi ke pusat-pusat koleksi atau pasar, serta kepelabuhan-pelabuhan untuk melakukan pengiriman barang ke luar daerah atau bahkan juga melakukan ekspor ke luar negeri.

Tujuan Penulisan

Nah kami, kelompok 7 ditugaskan untuk menjabarkan Dampak Negatif dari Transportasi Bahan Galian.
    Dengan begitu penulis dapat menginspirasi dan menjelaskan bagaimana dampak buruk (negatif) dari pengangkutan bahan galian sehingga bermanfaat bagi yang membutuhkan




BAB II

Pengertian Transportasi/Pengankutan Bahan Galian

     Penganguktan Bahan Galian suatu pekerjaan atau transportasi Bahan Galian (emas, batu bara, minyak dan mineral lainnya) yang dipindahkan ke luar dari area penambangan hingga sampai di tempat tujuan akhir atau pengolahan lanjutan terhadap Bahan Galian tersebut hingga tahap akhir (penerahan).
Jalan merupakan prasarana transportasi yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat pada suatu daerah. Jalan digunakan sebagai sarana aksesibilitas angkutan manusia dan barang/komoditi dari daerah sentra-sentra produksi ke pusat-pusat koleksi atau pasar, serta kepelabuhan-pelabuhan untuk melakukan pengiriman barang ke luar daerah atau bahkan juga melakukan ekspor ke luar negeri.










Sekilas Tentang Batu Bara

Indonesia pada tahun 2006 mampu memproduksi batu bara sebesar 162 juta ton dan 120 juta ton diantaranya diekspor. Sementara itu sekitar 29 juta ton diekspor ke Jepang. Indonesia memiliki cadangan batubara yang tersebar di Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera, sedangkan dalam jumlah kecil, batu bara berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua dan Sulawesi. Sedangkan rumus empirik batubara untuk jenis bituminous adalah C137H97O9NS, sedangkan untuk antrasit adalah C240H90O4NS.
     Indonesia memiliki cadangan batu bara yang sangat besar dan menduduki posisi ke-4 di dunia sebagai negara pengekspor batubara. Di masa yang akan datang batubara menjadi salah satu sumber energi alternatif potensial untuk menggantikan potensi minyak dan gas bumi yang semakin menipis. Pengembangan pengusahaan pertambangan batubara secara ekonomis telah mendatangkan hasil yang cukup besar, baik sebagai pemenuhan kebutuhan dalam negeri maupun sebagai sumber devisa.
 Bersamaan dengan itu, eksploitasi besar-besaran terhadap batubara secara ekologis sangat memprihatinkan karena menimbulkan dampak yang mengancam kelestarian fungsi lingkungan hidup dan menghambat terselenggaranya sustainable eco-development. Untuk memberikan perlindungan terhadap kelestarian fungsi lingkungan hidup, maka kebijakan hukum pidana sebagai penunjang ditaatinya norma-norma hukum administrasi ladministrative penal law) merupakan salah satu kebijakan yang perlu mendapat perhatian, karena pada tataran implementasinya sangat tergantung pada hukum administrasi.














BAB III

Metode  penggalian  dilakukan  dengan  cara  membuat  jenjang  serta  membuang dan  menimbun  kembali  lapisan  penutup  dengan  cara  back  filling  per  blok penambangan  serta  menyesuaikan  kondisi  penyebaran  deposit  sumberdaya mineral,  (Suhala eta/.,  1995).

Pengangkutan Batu Bara

Cara pengangkutan batu bara ke tempat batu bara tersebut akan digunakan tergantung pada jaraknya. Untuk jarak dekat, batu bara umumnya diangkut dengan menggunakan ban berjalan atau truk. Untuk jarak yang lebih jauh di dalam pasar dalam negeri, batu bara diangkut dengan menggunakan kereta api atau tongkang atau dengan alternatif lain dimana batu bara dicampur dengan air untuk membentuk bubur batu dan diangkut melalui jaringan pipa.
     Kapal laut umumnya digunakan untuk pengakutan internasional dalam ukuran berkisar dari Handymax (40-60,000 DWT), Panamax (about 60-80,000 DWT) sampai kapal berukuran Capesize (sekitar 80,000+ DWT). Sekitar 700 juta ton (Jt) batu bara diperdagangkan secara internasional pada tahun 2003 dan sekitar 90% dari jumlah tersebut diangkut melalui laut.
Pengangkutan batu bara dapat sangat mahal – dalam beberapa kasus, pengangkutan batu bara mencapai lebih dari 70% dari biaya pengiriman batu bara. Tindakan-tindakan pengamanan diambil di setiap tahapan pengangkutan dan penyimpan batu bara untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan hidup.

Penjelasan Tentang Area Pengangkutan

Diyakini banyak yang tidak mengetahui“angkutan bahan galian tambang tak boleh melalui jalan raya atau jalan umum. Ataupun karena si penerima dampak langsung dari proses itu yaitu rakyat itu sendiri yang  apatis alias tak peduli dengan apa yang dilakukan pemerintah.
Sempat ada satu fase euforia kesenangan luar biasa dari warga
dari daerah sekitar area ekspolorasi, dengan banyaknya aktifitas tambang batubara. Mereka senang dan bangga karena Bumi yang mereka huni ternyata menyimpan jutaan ton mineral di dalam perut bumi.
Tetapi kesenangan hanya dalam waktu singkat,
biasanya hanya dalam hitungan tahun di jari, warga tak begitu peduli. Apalagi mereka tak 'menyicip' enak dari banyaknya hasil alam yang dikeruk setiap detik.
Memang sejak era Otonomi Daerah ditetapkan dan berlaku, pemerintah daerah tingkat II diberi kuasa penuh untuk membuat keputusan.
Banyaknya bermunculkan KP-KP yang mengeksplorasi pertambangan.
Transportasi yang digunakan masih menggunakan jalan umum, tentu dampak langsung berupa kerusakan jalan sangat terasa. Harusnya sudah dibuat dan dipikirkan 'win-win solution' untuk kondisi ini. Jangan sampai dampak jalan yang cepat rusak, justru merugikan orang lain atau rakyat banyak. Dengan kerusakan jalan, siapa yang bertanggungjawab, di lain sisi semua pengguna jalan mengeluh dan menggerutu. Apalagi kalau sudah ada korban warga yang tewas. Apakah harus menunggu korban berikutnya?
Hal yang dirasakan warga
biasanya mereka mulai melihat kerusakan ekosistem dan lingkungan, cuaca yang makin panas. Bila kita lihat dari jalan raya, ada beberapa titik tanah merah di perbukitan yang menandakan ada eksplorasi mineral. Dan untuk kesekian kalinya kemacetan luar biasa yang diakibatkan dari Pengankutan Bahan Galian yang tidak pada tempatnya initelah menjadi isu nasional.

Dampak Pengangkutan Bahan Galian Tambang (Batu Bara)

   Proses penambangan pastinya mempunyai dampak-dampak, mau itu positif ataunpun negatif. PAD sekitar area penambangan yg meningkat, kemakmuran masyarakat meningkat, pembangunan dan lain-lainnya adalah contoh dampak Positif dari Reklamasi penambangan dan juga pasti mempunyai dampak-dampak negatif seperti; rusaknya ekosistem, pencemaran udara, pencermaran lingkungan, pencemaran air dan infrastruktur termasuk infrastruktur transportasi atau jalan.
   Sehubungan dengan itu, maka penulis akan jabarkan dampak-dampak negatif dari Proses Pengangkutan/Transportasi Bahan Galian Tambang (Batu Bara):


1. Rusaknya jalur transportasi yaitu jalanan
Dengan bobot Truck Muatan atau Truk Kontainer lebih dari 15ton per kendaraan ditambah beban Bahan Galian yg tentunya akan menambah berat kendaraan dengan signifikan seharusnya menjadi perhatian, utamanya Perusahaan Penambangan walau seharusnya Pemerintah dahulu yang melakukan instruksi terhadap dampak yang ditimbulkan tersebut.
2. Masyarakat Teganggu dengan proses Pengankutan yang tak mengenal waktu
proses pengankutan tentunya tidak dilakukan hanya pada siang hari tapi juga sering dilakukan pada waktu istirahat yaitu malam hingga subuh dini hari.
3. Kemacetan di Jalan  Raya yang diakibtakan Proses Pengangkutan Bahan Galian
hingga saat ini jalur Pengakutan Bahan Galian Tambang kebanyakan masih mengunakan jalur umum atau jalan raya yang biasa digunakan masyarakat tanpa adanya rasa bersalah dari pengguna “yang menumpang lewat” tersebut walau interupsi awal dan yang utama harus dihaturkan pada pihak pemeritah sebagai penegak peraturan yang bahkan mereka sendiri yang mengeluarkan pernyataan persetujuan atas “Jalur Ilegal” tersebut.
4. Masyarakat Terganggu dengan proses Pengangkutan dengan Driver yang ugal-ugalan
biasanya Perusahaan Penambangan menggunakan Drivers Profesional  untuk Proses Pengangkutan Bahan Galian tapi mungkin saja Perusahan tersebut menggunakan jasa pekerja lokal sebagai  Driver. Dengan Salary  yang bisa dikategorikan rendah berbanding lurus dengan kecakapan dalam mengendarai alat transportasi dan pemahamannya terhadap peraturan atau Safety dalam pertambangan.
5. Polusi Udara yang disebabkan oleh Kendaraan
Setiap kendaraan pastinya mempunyai gas emisi atau gas pembuangan. Dalam Proses Pengangkutan Bahan Galian Tambang memiliki kendaraan baru dan lama. Biasanya yang mengakibatkan terjadinya olusi udara adalah kendaran-kenadaraan lama yang sudah semesti dan sepatutunya diganti baru atau di-upgrade masih berkeliaran dan digunakan sebagai alt transportasi yang malah mengakibatkan polusi terhadap daerah sekitar area penambangan dan yang utama merasakan tentunya adalah masyarakat sekitar area penambangan. 









6. Masyarakat Terganggu dengan proses Pengangkutan yang bisa berdampak langsung kepada Masyarakat itu sendiri
dampak ini sehubungandengan dampak yang disebabkan Driver yang tidak profesional dalam bidangnya di atas, contoh nyatanya seperti perseorangan (penduduk sekitar area penambangan)  yang tertabrak Kendaraan Pengangkut Bahan Galian dan perseorangan tertimpa oleh Kendaraan Pengangkut Bahan Galian Tambang yang semestinya mempunyai jalan khusus selain jalan raya umum sebagai jalur transportasi bahan galian tambang.

Pengaruh pemaparan kebisingan secara umum dikategorikan menjadi 2 yaitu didaasarkan tinggi rendahnya intensitas kebisingan dan lamanya waktu pemaparan. Pemrusahaan atau industri terjadi pengaruh pemaparan kebisingan intensitas tinggi di atas NBA adalah antara lain terjadi kerusakan pada indera pendengar yang dapat menyebabkan penurunan daya dengar baik bersifat semntara mupun permanen/ ketulian, secara fiologis dapat menggangu kesehatan misalnya tekanan darah dan denyut jantung meningkat, reaksi masyarakat sekitar menuntut kegiatan penambangan ini dihentikan.




BAB IV

Referensi

2 komentar:

  1. 10cric login - Free Slots and games - Gold Casino
    Welcome to 10cric, your ideal online dafabet casino. No Registration and No Wagering requirements. Get instant access to the 카지노사이트 best 10cric online 10cric login slots and

    BalasHapus
  2. Sky Casino in Jordan 7-star Discounts - Air Jordan7
    Shop for SKYCITY's 7 STAR air jordan 18 retro men to you discount code and promo. Save air jordan 18 stockx with our latest SKYCITY promotional codes & free promo for air jordan 18 retro yellow great site more make air jordan 18 retro red than 15 countries. how to find air jordan 18 retro men blue

    BalasHapus